Mobile Computing

Mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang memiliki teknologi secanggih yang sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) dan mampu melakukan komunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel) walaupun user atau pengguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan. Mobile computing juga merupakan teknologi yang dapat melakukan system distribusi data saat bergerak bebas dan dapat melakukan koneksi kembali pada lokasi jaringan yang berbeda.
Mobile Computing biasa di sebut dengan istilah komputasi bergerak. Secara awam artinya adalah membuat dan mengambil fasilitas komputer yang diperlukan dan perangkat lunak dan menjadikan nya secara utuh menyatu dan di pakai di luar ruangan (di lapangan). Mobile Computing merupakan paradigma dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). Perlu di perhartikan Mobile Computing tidak sama dengan Wireless Computing.
·                     Contoh Perangkat

Ponsel
 personal digital assistant (pda), dsb. Perangkat komputasi bergerak tidak selalu harus terhubung dengan jaringan telekomunikasi. Handphone, kalkulator, PSP, netbook juga dapat dikategorikan sebagai perangkat komputasi bergerak.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat teknologi nirkabel telah meningkat dengan cepat. Dimana saja dan kapan saja orang bisa mengakses sistem informasi kabel menggunakan perangkat computer portable seperti tablet PC, Smartphone, dan sejenisnya yang diaktifkan oleh baterai. Hal ini bisa terjadi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang cepat.
Mobile computing tidak terlepas dari dunia komunikasi bergerak (mobile communication), meski ruang lingkup mobile computing tidak hanya ada pada komunikasi bergerak.

Pengguna ponsel dapat mengakses sejumlah informasi yang berada pada jaringan statis saat mereka sedang bepergian yang dikenal sebagai komputasi bergerak. Komputasi bergerak menyediakan data intensif dengan aspek manfaat teknologi nirkabel, dan teknologi bergerak untuk mendukung aplikasi ini disebut sebagai mobile database.

Laptop

Laptop atau notebook adalah komputer bergerak yang ukurannya relative kecil, dengan berat antara 1-6 kg. Fungsi laptop hamper sama dengan komputer desktop, hanya ukurannya yang diperkecil. Kebanyakan laptop menggunakan LCD yang ukurannya antara 10-17 inch. Sifat utama laptop yaitu ukurannya yang kecil, mudah dibawa kemana saja dan hemat energy. Karena banyak kelebihan yang dimiliki laptop maka harga laptop relative lebih mahal daripada komputer desktop.

PDA (Personal Digital Assitant)

Alat elektronik berbasis komputer yang bisa dibawa kemana saja. Ciri khas PDA adalah touchscreen. Pada awalnya digunakan untuk mengorganisasi diri sendiri, tetapi seiring berjalannya waktu pengunaan PDA makin banyak, antara lain mengirim e-mail, akses internet, games, penggunaan GPS, rekam video dan jaringan wireless.

Penyedia layanan bergerak akan memberikan sejumlah layanan informasi termasuk informasi cuaca, atau jasa ramalan cuaca, berita, informasi indeks saham, valuta asing, wisata layanan, jadwal penerbangan, jadwal pertandingan sepak bola, penentuan posisi, dan panduan rute, untuk layanan transportasi. Dalam pembuatan layanan informasi nirkabel, sejumlah masalah harus ditangani seperti manajemen data mobile, infrastruktur pendukung jaringan, lokasi, dan sebagainya. Agar aplikasi yang dibuat menjadi menarik dan bermanfaat.

Sumber:

http://ahmadfr12.blogspot.co.id/2017/04/tugas-softskill-semester-84.html
http://postaven.blogspot.co.id/2015/04/apa-itu-mobile-computing.html

0 komentar:



Posting Komentar